Songsong Halal Mandatory, UNMA Banten Dorong UMKM Tingkatkan Kualitas Produk

0
1

Pandeglang, Badakpos.com – Menyongsong Halal Mandtory dan dorong UMKM tingkatkan kualitas produk, Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten melalui Pusat Kajian Produk Halal (PKPH) dan Rumah Kreatif Halal (RELA) gelar Seminar Nasional dia Auditorium UNMA Banten, Kamis (17/10).

Seminar dengan tema “Peran dan Kesiapan Farmasi dalam Menyongsong Pelaksanaan Halal Mandatory” ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta.

Wakil Rektor I UNMA Banten Jihaduddin, hadir dan membuka kegiatan, menyampaikan bahwa, Seminar tersebut sesuai dengan momentum 4 tahun Undang-Undang No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

“Maka publik harus siap dengan penerapan halal mandatory, termasuk dibidang farmasi,” ungkapnya saat memberikan sambutan dan membuka acara.
Sukriadi Darma, Kepala Balai Besar POM Serang, yang hadir menjadi keynote speaker menuturkan, bahwa Halal mandatory diharapkan mampu mendorong para UMKM meningkatkan kualitas produknya.

“Dengan penerapan halal mandatory, diharapkan UMKM termasuk bidang farmasi dapat meningkatkan kualitas produknya. Dan ini perlu didukung dengan adanya sosilaisasi tentang prosuk dan sertifikasi halal,”ungkapnya.

Sebagian besar peserta seminar adalah mahasiswa farmasi, Neng Astuti, salah satu mahasiswa UNMA Banten, menuturkan bahwa dirinya mendapat banyak informasi, terutama tentang proses dan mekanisme halal mandatory.

“Seminar ini sangat bermanfaat, saya jadi tahu informasi tentang penerapan halal mandatory dan proses sertifikasi halal, terutama yang kaitannya dengan bidang kefarmasian,” tutur Neng Astuti.

Mahasiswa Fakultas Farmasi semester 3 tersebut juga memberikan saran bahwa dirinya merasa perlu diadakanya sosialisasi untuk masyarakat umum.

Acara seminar tersebut juga dihadiri oleh pembicara dari kalangan praktisi dan akademisi di bidang farmasi, Diantara pembicara seminar nasional halal mandatory, Rodani Direktur LPPOM MUI Banten, Dwi Marwati Direktur LPH Mathla’ul Anwar, Hadi Susilo Direktur PKPH UNMA Banten, Dimas Danang I Kaprodi Farmasi FSFK UNMA Banten, Ketua IAI Pandeglang Sumarlin, dan dihadiri pula oleh Wasekjen IAI Pusat yang juga Founder Pro Herang Yusransyah. (BP11/BP1).

Komentar dibawah ini