Tahu Kres Asal Jiput Tembus Pasar Serang

0
50

Pandeglang, Badakpos.com – Banyak jenis makanan yang berasal bahan bakunya dari kacang kedelai, diantaranya tahu dan tempe, juga jenis minuman yaitu susu kedelai.

Salah satu makanan camilan atau jajanan dari tahu yaitu tahu kres, jajanan ini beberapa tahun lalu pernah tenar atau terkenal. Akan tetapi bertambahnya perkembangan jaman dan merambaknya aneka jenis jajanan, tahu kres juga salah satu makanan atau jajanan yang mulai ditinggalkan penggemarnya.

Ato pengusaha pabrik tahu rumahan asal Jiput saat ditemui Badakpos.com menuturkan, bahwa perkembangan atau penjualan tahu kres sudah 2 tahun ini agak menurun. “omset penjualan tahu kres menurun, dulu pelanggan ada sekitar 25 gerobak penjual tahu kres, tapi sekarang tinggal 17 pelanggan karena yang lainnya pada nggak jualan lagi atau jualan makanan/Jajanan jenis lain”, ungkap Ato.

Masih kata Ato, dalam sehari hanya menggiling sekitar 200 kilo gram (2 kwintal)  kacang kedelai, yang 150 kilo untuk memenuhi kebutuhan penjual goreng tahu kres, “Sedangkan 50 kilo lagi untuk memenuhi kebutuhan atau pelanggan tahu yang berdomisili di sekitar perkampungan Jiput dan sekitarnya,” imbuh Ato.

Tambah Ato, tahu olahanya sebetulnya untuk bahan baku tahu kres, pelangganya menyebar dari Cadasari, Labuan, Menes yang berada di kabupaten pandeglang hingga Teneng dan Ciparay kabupaten Serang, tutur Ato,

Terpisah, Rijal warga Labuan mengatakan, tahu kres itu salah satu jenis camilan atau jajanan bisa sebagai cemilan juga dijadikan lauk saat makan. “Tahu kres adalah jenis jajanan atau makanan yang digemari kalangan tua maupun muda, lebih enak dimakan saat masih hangat, masalah bumbu ada beberapa jenis (varian) atau rasa, mau pedas atau gurih tergantung selera kita masing masing,” tutur Rijal.(BP-MG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here