Talas Beneng, Komoditi Pesaing Tepung Beras

0
40

Pandeglang, Badakpos.com- Kabupaten Pandeglang sebagai Lahan pertanian yang subur kembali menjadi kebanggaan setelah rutin memproduksi bahan pangan berupa tepung beras dari Talas beneng.

Menurut penuturan bendahara Perkumpulan Talas Beneng Indonesia (Pertabenindo) cabang Pandeglang Yayat Suryadinata, “sejauh ini produksi talas beneng merupakan komoditi pesaing tepung untuk bahan dasar olahan makanan.” Ia jugamenjelaskan bahwa “tidak ada bagian yang tertinggal manfaatnya dari talas beneng,” jelasnya saat jumpa di DM Wisata Air Tirta Persada, pandeglang, Minggu (28/2/2021).

”Mulai dari daun nya biasa dikeringkan dan diolah menjadi bahan racikan untuk rokok, adapun untuk batangnya dimanfaatkan untuk pakan ternak serta pupuk, dan yang terakhir umbinya dapat menjadi tepung untuk bahan dasar makanan khususnya kue,” jelas Yayat.

fakta menarik dari hasil pertanian talas beneng ini yaitu banyak negara yang meminatinya, salahsatu negara yang rutin impor yaitu Australia, mulai dari daun talas yang sudah dikeringkan hingga umbi yang sudah menjadi tepung. Selain itu Yayat juga menambahkan bahwa “produksi daun talas beneng kering ini sudah dikirim ke salahsatu perusahaan rokok dalam negeri sebagai campuran rokok.”

“Berjalan nya usaha talas beneng di Pandeglang ini tentu didukung oleh para petani yang ada, saya persuasif mengajak para pemilik lahan untuk mulai menanam talas beneng karena Pandeglang potensial memiliki identitas kekayaan alam baru untuk menjadi salahsatu pemasok talas beneng terbesar di Indonesia kedepan nya, tutup yayat. (BP2).

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here