Target PBB-P2 Ditingkatkan, Kepala BP2D : Kami Optimis 2019 Target Ini Akan Tercapai

0
1

Pandeglang, badakpos.com – Penerimaan Pendapatan Daerah Kabupaten Pandeglang yang bersumber dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), sangat berpotensi besar untuk mendukung pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Oleh sebab itu, berbagai upaya dan inovasi dilakukan oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) khususnya dalam mengelola PBB-P2. “Alhamdulillah pada tahun 2018 kemarin realisasi penerimaan PBB-P2 tercapai 100,86% dari target kurang lebih Rp.18,6 miliar, ” kata Kepala DP2D Utuy Setiady, pada acara rapat koordinasi dan evaluasi penerimaan PBB-P2, Rabu (27/3) di Wisma PKPRI.

Dalam pengelolaan PBB-P2 dikatakan Utuy memang tidak lepas dari berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi. Kendati demikian, dirinya akan terus berupaya untuk memaksimalkan dari sektor PBB-P2 untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).”Beberapa masalah yang dihadapi yakni database yang kurang valid, seperti misalnya terdapat wajib pajak yang double anslah, subjek pajak yang tidak ditemukan, objek pajak yang telah berubah menjadi fasilitas umum dan fasilitas sosial, dan tingginya piutang dari tahun 1993 hingga sekarang,” ujarnya.

“Upaya memperkuat kemandirian fiskal memang tidak mudah, namun kita terus berupaya dengan melakukan trobosan dan inovasi untuk peningkatan PAD dari sektor pajak,” tuturnya.

Masih kata Utuy, walaupun memang saat ini masih terdapat beberapa kendala, dirinya mengungkapkan tahun 2019 target PBB-P2 akan ditingkatkan menjadi Rp. 22,99 miliar. “Untuk mencapai target ini kami akan terus upayakan melakukan validasi dan verifikasi untuk mengakurasi wajib pajak PBB-P2. Dan pembayarannyapun dipermudah bisa dilakukan di gerai Indomaret dan Alfamart,” tutupnya.

Sementara Sekda Pandeglang Pery Hasanudin, dalam kesempatan tersebut mewakili Bupati Pandeglang mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi langkah konkrit yang dilakukan oleh BP2D. Oleh sebab itu, ia meminta kepada para Camat dapat membantu dinas terkait untuk mendorong peningkatan PBB-P2. “Camat memiliki peranan penting dalam keberhasilan dalam pelayanan pajak daerah. Saya harap pendapatan dari sektor pajak yang ditargetkan tiap tahun dapat tercapai khusunya PBB-P2,” kata Pery.

“Dengan meningkatnya pendapatan dari pajak daerah, akan meningkat pula belanja barang dan modal, karena pemerintah tugasnya memberikan kebahagiaan kepada masyarakat. Saya minta Kasi PAD untuk menggenjot dari pajak bumi dan bangunan,” tegasnya.

Hadir dalam acara ini Para Camat, Kasi PAD dan Para Lurah se-Kabupaten Pandeglang. (Bp-3)

Komentar dibawah ini