“THE GREEN CANYON” PANDEGLANG

0
62

PANDEGLANG – Selain memiliki bentang pantai yang telah menjadi primadona wisata selama ini, kawasan Carita ternyata juga memiliki tempat wisata alternatif berupa Taman Hutan Raya (Tahura) Curug Putri. Masyarakat sering pula mengenalnya dengan sebutan green canyon dari Pandeglang.

Tahura Curug Putri merupakan kawasan konservasi alam yang memiliki potensi keanekaragaman hayati berupa koleksi flora dan fauna yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Namun selain tujuan pokok tersebut, keberadaan Tahura ini juga dimanfaatkan sebagai kawasan wisata yang bisa dinikmati masyarakat. Sebagai salah satu tujuan pariwisata, Tahura kini telah banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun nasional.

Perjalanan dari Jakarta menuju Tahura Curug Putri tak terlalu sulit. Anda dapat menempuh dua jalur yang ada  yaitu melalui jalur pinggir pantai Serang – Anyer – Carita, atau melalui jalur Serang – Pandeglang – Carita. Masing masing memiliki keunikan perjalanan tersendiri.

Lokasi yang menjadi tujuan utama kedatangan para pelancong ke Tahura tidak lain adalah sebuah air terjun bernama Curug Putri. Posisinya berada di tengah area kawasan Tahura yang total memiliki luas sekitar 1500 hektar ini. Dari pintu masuk Tahura kita dapat mencapai air terjun Curug Putri dengan berjalan kaki selama lebih kurang 45 menit. Sepanjang perjalanan ini, para wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan tropis yang masih sangat alami. Selain itu juga terdapat track perjalanan berbentuk aliran sungai kecil yang diapit oleh sepasang tebing tinggi di kedua sisinya. Inilah sebab mengapa sebagian orang mengenalnya sebagai Green Canyon dari Pandeglang.

Perjalanan menuju Curug Putri memang sedikit penuh tantangan. Namun keindahan air terjun dan kesejukan kolam dibawahnya sangat sepadan dengan ketegangan dan perjuangan Anda dalam perjalanan ini. Tentu saja Anda harus bersiap untuk basah kuyup karena berjalan melalui aliran sungai. Karena itu, disarankan bawalah baju ganti bila Anda berkunjung kesini. Anda dapat menitipkan baju ganti di loker yang tersedia.

“Dunia ini memang tak seindah surga, tetapi Tuhan menggambarkan sedikit keindahan surgaNya di dunia ini agar kita percaya bahwa surgaNya itu nyata” Sebuah catatan yang ditulis oleh seorang pengunjung Curug Putri dalam blog-nya tersebut, menggambarkan bagaimana ia merasa sangat takjub dan kagum pada keindahan Tahura Curug Putri. So, what are you waiting for? Pack your gear and enjoy the paradise. (Sumber : Dispar Banten/VisitBanten)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here