Tingkat Partisipasi Dan Pengawasan, Bawaslu Gandeng PWI Kawal Pilkada

0
0

Pandeglang, Badakpos.com – Untuk meningkatkan Partisipasi dan pengawasan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Pandeglang, Bawaslu Gandeng PWI Kawal Pilkada, dengan menggelar diskusi, di salah satu hotel di Pandeglang, Senin (24/2/2020).

Dalam acara tersebut menghadirikan pemateri dari Komisioner Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal, penggiat pemilu Solihin Abas dan ketua PWI Kabupaten Pandeglang Iman Fathurohman.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi mengatakan, kegiatan tersebut untuk menambah sinergitas antara media internal Bawaslu secara kelembagaan dengan media eksternal yang ada di Pandeglang, agar penyelenggaraan Pilkada yang akan digelar bisa berjalan dengan lancar.

“Kali ini kita menggelar kegiatan penguatan media informasi, yaitu melibatkan PWI sebagai unsur media yang ada di Pandeglang, organisasi kemahasiswaan dan pemuda (OKP), organisasi masyarakat (Ormas), tentunya untuk menguatkan sinergitas antar lembaga,” katanya.

Sebab kata dia, peran media untuk pengawasan Pilkada yang akan datang sangat penting, karena media dapat memberikan informasi yang akurat dan terpecaya kepada masyarakat.

“Yang paling penting adalah penguatan media, apabila media itu memberikan informasi dengan memberitakan yang baik, maka citra lembaga juga akan baik, begitu juga sebaliknya, apabila media memberitakan informasi yang kurang baik kepada lembaga, citra lembaga tersebut akan menjadi buruk, ini yang menjadi peran penting media, dalam memberikan informasi,” tutur Ade.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Banten, Ali Faisal mengatakan, dirinya menilai peran media cukup besar dalam mengawal berjalannya proses Pilkada ke depan, media bisa membangun opini, bisa menggiring opini masyarakat bagaiamana Pilkada tersebut seolah menjadi pertaruhan yang cukup berarti bagi pembangunan yang ada di Pandeglang.

“dengan adanya Bawaslu, Pilkada tersebut tentunya akan berjalan sesuai dengan koridor yang seharusnya dijalankan oleh Bawaslu, adapun peran media di sini juga bisa menimbulkan dampak yang luar biasa untuk mendorong peningkatan angka partisipasi pemilih dengan memberitakan yang baik,” ucapnya.

Sementara itu ketua PWI Pandeglang Iman Fathurohman mengatakan, wartawan sebagai pelaku utama yang memproduksi informasi di media massa, menjadi salah satu agen yang paling berpengaruh pada segala aspek kehidupan di masyarakat.

“Untik itu, Wartawan mesti menyajikan fakta-fakta dan informasi secara independen tentang peristiwa dan isu-isu yang akan jadi referensi bagi masyarakat dalam membuat keputusan,” tuturnya.

Sebab, kata dia, media me­rupakan satu dari empat pilar demokrasi di Indonesia. Media me­miliki peran yang vital untuk mewu­jud­kan penyeleng­garaan negara yang ter­kontrol.

“Termasuk berperan aktif dalam pro­ses pemilihan umum yang berasaskan jujur, adil, langsung, bebas dan rahasia,” tuturnya. (BP1).

Komentar dibawah ini