TRADISI SEBA BADUY, DIMULAI HARI INI

0
64

LEBAK – Tradisi tahunan dari masyarakat baduy di Kabupaten Lebak Provinsi Banten, dimulai hari ini, Jumat (28/4). Sekitar pukul 10 pagi ini, rombongan warga baduy memulai perjalanan mereka dari kampung mereka di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar menuju pusat pemerintahan Kabupaten Lebak di Kecamatan Rangkasbitung. Jarak yang akan mereka tempuh lebih kurang 100 km dengan berjalan kaki. Rangkaian acara Seba Baduy akan berakhir besok, Sabtu (29/4) di kota Serang.

Seba Baduy adalah sebuah tradisi yang telah dilakukan oleh leluhur kaum baduy sejak jaman kerajaan. Mereka melakukan perjalanan untuk mempersembahkan berbagai hasil bumi mereka kepada raja atau “penguasa daerah”. Persembahan upeti ini sebagai bentuk rasa syukur mereka atas hasil pertanian mereka selama satu tahun.

Di era kemerdekaan, warga baduy tetap mempertahankan tradisi ini dan mempersembahkan upeti mereka kepada bupati di Kabupaten Lebak. Selanjutnya mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Serang untuk menyerahkan simbol rasa syukur mereka kepada Gubernur Banten.

Puncak dari kegiatan Seba Baduy akan diadakan di Pendopo Kabupaten Lebak malam ini. Acara akan dipimpin langsung oleh Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya, dan dihadiri seluruh jajaran muspida Kabupaten Lebak. (BP-2, foto : sayanusantarablogspot.com, meretasjalanwordpress,com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here