TRC Kemensos RI Bantu Fasilitasi Keluarga ODGJ untuk Pengobatan

 

Serang, Badakpos.com – Pemasungan dan diasingkan merupakan hal yang biasa dilakukan masyarakat terhadap Pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), walaupun hal tersebut tidak berprikemanusiaan masyarakat menilai ini sah-sah saja jika pasien ODGJ kerap mengamuk dan membahayakan, untuk meminimalisir hal tersebut Tim Reaksi Cepat (TRC) Kemensos RI beserta Tim petugas gabungan kabupaten Serang melakukan kegiata kunjungan untuk memfasilitasi pengobatan dan memberikan pemahaman terhadap keluarga ODGJ di beberapa kecamatan di kabupaten Serang (18/4/2018).

 

Kepala Bidang Rehbilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Serang, Euis Linda Mutia menjelaskan, kegiatan ini kami lakukan atas laporan dari petugas kami dibawah, yakni teman – teman Pendamping Sosial di kecamatan, setelah laporan tersebut kami sampaikan kepada kementerian sosial, “kami tidak bekerja sendiri, ┬ákegiatan ini kami dikerjasamakan dengan dinas terkait, agar solusi yang di dapat terintegrasi dalam satu kesatuan”, ujar Euis.

 

Srikandi Ajeng salah satu Tim TRC Kemensos RI menjelaskan agar pasien dilepas pasungnya dan di tempatkan ditempat yang layak, dengan pengawasan khusus, agar lebih manusiawi dan terpantau perkembangannya.

 

“ODGJ baiknya tidak di asingkan, agar segera tertangani kita harus segera memfasilitasi rujukan pengobatan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ)”, ujar Srikandi. (BP1).

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *