Uang Pergantian Tanah Warga Untuk Pembuatan Huntap Siap Dicairkan

0
0

Pandeglang, badakpos.com  – Rapat koordinasi yang dilakukan di Pendopo Pandeglang antara pihak Kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten berbuah manis. Akhirya, hasil dari rapat koordinasi pembayaran atas tanah warga yang akan digunakan pembangunan Hunian Tetap (Huntap) dapat segera dicairkan. “Tadi kita sepakat, setelah membuat Surat Pelepasan Hak (SPH) dan Surat Perintah Membayar (SPM) nya, baru dilanjutkan penerbitan SP2D oleh bidang anggaran,” kata Moh Yanuar Kepala Dinas Perumahan Pemukiman ditemui usai rapat bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo, Jum’at (22/11).

Dikatakan Moh Yanuar, jika setelah terbuatnya SPH dan SPM tidak lama lagi SP2D akan segera terbit. “Maksimal dua hari bisa diacairkan, insya Allah selasa besok dipastikan uang sudah masuk rekening warga penerima,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, warga yang mendapatkan pergantian atas tanah yang akan dijadikan Huntap tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Labuan, Carita dan Sumur. “Kurang lebih ada 10 hektar, uang yang akan dibayarkan kurang lebih sebesar 10 miliar karena 1 miliar nya tidak diserap sesuai harga dari tim apresial,” jelasnya.

Agus Setiadi Kepala Bidang Perbendahaan Badan Pengelola Keuanhan Daerah (BPKD) Prov Banten membenarkan jika SP2D dapat diterbitkan jika SPH, SPM dan persyaratan lainnya sudah dilengkapi. “Jika persayaratan yang hari ini disepakati lengkap kami segera proses. Mekanisme nya langsung masuk ke rekening para penerima. Untuk itu diberita acara harus foto copy tabungan penerima, “ungkapnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengucapkan terimakasih kepada pihak Provinsi Banten atas dukungan nya untuk pengadaan tanah yang akan dibangun Huntap.”Karena tanah milik Pemda Pandeglang berada di zona merah, makadari itu kami meminta bantuan dari Provinsi Banten. Alhamdulillah Bapak Gubernur bersedia membantu pembebasan lahan untuk pembuatan huntap,” kata Irna

“Alhamdulillah dengan harga yang disepakati apresial, tadi dapat kita sepakati bersama. Kami ingin segera bisa di eksekusi karena kalau lewat 31 Desember akan angus, semoga saat lebaran nanti warga kami sudah punya rumah,” terang Irna.

Hadir dalam acara ini Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan (BPN) Banten Tantri Abeng, Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto, Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Nina Kartini, Kepala BPN Pandeglang, dan Sekda Pandeglang Pery Hasanudin.(Bp3)

Komentar dibawah ini