UMB & Ponpes Madinah Al Hijrah Jalin Kerjasama

0
29

Pandeglang, Badakpos.com – Universitas Mercu Buana (UMB) dan nara sumber lainnya, bekerjasama dengan Pondok Pesantren Madinah Al Hijrah webinar edukasi solusi keuangan syariah dan laporan keuangan untuk UMKM, Selasa (16/2).

Pondok Pesantren Madinah Al Hijrah merupkan pondok pesantren enterpreneur yang berlokasi di Desa/Kecamata Cimanuk dan BMT Ahsana Berkah Sentosa Jakarta.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana Dr Harnovinsah mengharapkan kegiatan edukasi ini dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan membawa kemajuan pada usaha. “Kami berkomitmen menbangun kemajuan UMKM agar bisa berdayasaing dan menjadi pilar ekonomi masyarakat,” katanya.

Menurut Dekan pengabdian masyarakat, kegiatan ini mengambil tema “ketahanan UMKM dalam masa pandemi dengan solusi keuangan syariah dan laporan keuangan yang akuntabel”. “Edukasi diberikan secara bergantian yang meliputi enam topik saling berkaitan yang bermanfaat bagi UMKM dalam kelangsungan usahanya di masa pandemik ini,” tegasnya.

Bendahara Yayasan Madinah Al-Hijrah Pandeglang Hasan Afifi menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Mercubuana. “Kerjasama Mercu Buana dengan pondok pesantren Madinah Al-Hijrah Pandeglang adalah yang kedua kali. Kami sangat menyambut baik karena berdampak positif pada ponpes kami,” kata Hasan.

Ditambahkan Hasan, banyak materi yang disampaikan narasumber dalam webinar seperti Pengenalan Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Salah Satu Akses Permodalan UMKM; akad-akad dalam transaksi keuangan syariah; Sertifikasi Jaminan Produk Halal untuk UMKM; Pemanfaatan Excel untuk Laporan Keuangan Sederhana; Sosialisasi Pajak Penghasilan untuk UMKM, dan sosialisasi alur pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), keringanan PBB dari pemda setempat, serta mengenai BPHTB atau Pajak yang dikenakan. “Kami banyak mendapatkan pengetahuan dari kegiatan ini. Selanjutnya akan kami praktikan untuk kemajuan ponpes.” (BP1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here