Untuk Elite Bangsa Stop Polemik, Saatnya Kerja Produktif

 

Oleh : Ahmad Nawawi Arsyad
Penulis adalah : Ketua Umum DPP GEMA Mathla’ul Anwar, Dewan Pendiri SAMAWI

Dalam kondisi keprihatinan bangsa akibat Pandemik Covid-19 saat ini, sangat tidak elok kalau sesama elite bangsa masih saja sibuk berpolemik.

Semua elemen bangsa hari ini harus fokus dan bekerja maksimal untuk menghadapi Pandemik Covid-19.

Seperti yang Bapak Presiden Jokowi katakan beberapa hari lalu, bahwa saat ini perlu kerja dan tindakan yang luarbiasa ( _Ekstra Ordinary_ ) dari jajaran pemerintahan.

Sangat tidak elok, ketika situasi negara dalam keprihatinan, ketika Presiden Jokowi meminta segenap jajaran pemerintahan bekerja luarbiasa, justru ada pihak pihak yg seolah tanpa beban terus terusan melakukan peta konflik, bahkan memframing negative pihak lain untuk saling menjatuhkan.

Dalam situasi keprihatinan saat ini, saya menyarankan kepada semua komponen bangsa untuk saling bekerjasama bergandengan tangan, saling bersinergi untuk meringankan kerja kerja pemerintah.

Kemudian, menyikapi polemik dua pihak antara menteri BUMN Erick Tohir dengan Anggota Komisi 1 DPR RI Adian Napitupulu, sebaiknya masing masing pihak bisa menahan diri dan saling menghormati.

Yang kita tau keduanya adalah orang orang hebat yg punya andil besar atas kemenangan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 lalu.
Kalau kemudian sekarang berbeda pandangan terkait sesuatu hal, jangan kemudian manjadikannya polemik yg berkepanjangan.

Sesuai amanah Presiden Jokowi, semua elite pemerintah harus fokus bekerja dengan tugas nya masing masing.
Bang Erick fokus bekerja sebagai menteri BUMN untuk menjadikan perusahaan negara sebagai perusahaan yg produktif, mendatangkan banyak keuntungan bagi negara, termasuk memangkas Rangkap Jabatan Komisaris di BUMN dan meninjau ulang keberadaan TNI dan Polri aktif berada dijajaran Komisaris dan Direksi BUMN karena dikhawatirkan menabrak aturan UU.

Demikian juga dengan Bung Adian Napitupulu, bisa bekerja fokus sebagai anggota legislative Komisi 1 yang membidangi Politik, Pertahanan Keamanan dan LN. Mengingat bidang bidang strategis tersebut sangat penting untuk keberlangsungan bangsa, tentu memerlukan pengawsan dan perhatian yg besar dari Legislative.
Kalaupun mau mengkritisi kinerja Eksekutive, sebaiknya kritisi semua lembaga dan kementrian, tidak hanya mengkritisi kementerian BUMN, apalagi seandainya sampai melakukan penggiringan opini dengan menyebar hastag dan isu isu yang menyerang personal.

Jangan sampai opini publik digiring bahwa kritik Bung Adian tidak semata berangkat dari idelaisme dan objektivitas, tapi juga dilatarbelakangi langkah taktis untuk menaikan bargaining posisi dan jabatan untuk rekan dekat dan kelompok.

Harapan saya dan harapan kita semua, Stop Polemik dan kegaduhan, Saatnya elite bangsa bekerja produktif menghadapi pandemik.

Semoga Pandemik Covid-19 segera berakhir, sehingga kita semua bisa hidup tenang dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *