UPAYA PENGENTASAN DENGAN PROGRAM OVOP

PANDEGLANG – Dalam upaya untuk memajukan desa-desa di tanah air, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) telah mencanangkan empat pilar pembangunan. Salah satunya adalah program One Village One Product (OVOP). Demikian disampaikan Menteri PDTT, Eko Sandjojo Putro kepada para wartawan usai membuka Rapat Negeri di Pandeglang, Kamis (6/5).

Program OVOP adalah program yang diadaptasi dari Jepang, dirintis pertama kali oleh Gubernur Oita Jepang tahun 1980, Morihiko Hiramatsu. Konsep ini sangat populer di seluruh dunia karena memungkinkan suatu daerah memiliki satu produk khas untuk dikembangkan dan menambah nilai jual. Penerapan OVOP juga dilakukan di Kabupaten Pandeglang.

Pada kesempatan itu, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa stan UMKM yang digelar di area depan lokasi rapat negeri. Bupati Irna turut mendampingi Eko yang tampak antusias menanyakan beberapa hal kepada penjaga stan.

Eko mengatakan melalui OVOP, produsen di daerah akan mendapatkan bimbingan dan bantuan melalui kerja sama dengan BUMN terkait produk-produk unik yang dihasilkan.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *