Virgojanti Dinilai Layak Jabat Sekda Kabupaten Lebak

0
36

LEBAK, Badakpos.com – Penunjukan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak, Virgojanti resmi sebagai penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, dinilai beberapa kalangan di Lebak sudah sangat tepat.

Ketua Komisi 1 DPRD Lebak, H. Enden Mahyudin menilai, pengalaman Virgojanti sebagai Pejabat eselon II pernah memimpin beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lebak, seperti Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Asisten Daerah III, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diaperindag), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) dan Pejabat Direktur RS Ajidarmo.

“Kalau dari sisi senioritas dan pengalaman, Virgojanti sudah mempuni dan tepat menempati posisi Pejabat Sekda Lebak,” kata Enden Mahyudin, Jum’at (5)3/2021) melalui telepon selularnya.

Ketua Komisi 1 DPRD Lebak ini juga menilai, cara Virgojanti membangun komunikasi dengan wakil rakyat di DPRD Lebak terbilang bagus.

“Bu Virgo bisa membangun komunikasi yang baik secara profesional dengan DPRD. Saat rapat-rapat dengan DPRD juga, Virgojanti sangat bisa memaparkan program-programnya. Secara umum, saya kira sudah layak penunjukan Virgoyanti jadi Pejabat Sekda Lebak,” kata H. Enden Mahyudin.

Pemerhati Kebijakan Publik di Lebak, H. A. Ganip juga mengatakan, penunjukan Virgojanti menjadi Pejabat Sekda sudah tepat karena Virgo merupakan salah satu dari beberapa pejabat di Lebak lainnya yang secara kepangkatan, kapasitas dan kapabilitas dianggap mampu menduduki jabatan tertinggi birokrasi di jajaran Pemkab Lebak.

“Ada juga kan beberapa pejabat lainnya yang juga layak selain Bu Virgo seperti Budi Santoso, Asep Komar, Hari Setiono. Namun mungkin ada nilai plus lain yang dimiliki Virgo, pasti ada pertimbangan matang. Untuk Setda Definitifnya, ya kita tunggu proses lelang jabatannya,” kata H. A. Ganip.

Selain itu Ganip menambahkan, Virgo sepertinya mampu membangun komunikasi dengan legislatif yaitu DPRD.

“Dengan tidak mengesampingkan sisi politis, karena sekda merupakan ujung tombak eksekutif bilamana bersinergi dengan legeslatif,” tambahnya.

Selain itu, Ganip menambahkan, Virgo paham dengan postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Sangat penting, Sekda memahami postur APBD, sehingga program-program yang disusun bisa teralisasi dan terkomunikasikan antara Tim Penyusunan Anggaran Daerah (TPAD) dan DPRD. ” tambahnya.

Tokoh Pemuda di Lebak, Ahmad Taufiq juga memiliki penilaian positif penunjukan Virgojanti sebagai Pejabat Sekda Lebak. Kata Taufiq, posisi Sekda memang sebaiknya dijabat oleh pejabat senior yang sudah pengalaman menduduki posisi pimpinan di beberapa OPD.

Selain itu, kata dia, Sekda harus bisa membangun sinergitas dengan pihak legislatif dan Aparat Penegak Hukum (APH)

“Kalau lihat kepangkatan, kemampuan dan pengalaman, penujukan Pejabat Sekda ini sudah tepat. Pasti sudah dengan pertimbangan. Saya kira posisi Sekda difinitif juga tidak akan jauh dari nama Virgo,” kata Topik memberikan prediksinya.

Namun kata mantan Ketua KNPI Lebak ini, untuk proses penentuan Sekda difinitif ada proses lelang jabatan yang harus ditempuh. namun semua nantinya kembali kepada pertimbangan bupati.

Seperti diketahui, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak, dipercaya untuk mengisi sementara kekosongan kursi Sekda yang ditinggalkan Dede Jaelani (DJ) karena memasuki masa purna bakti alias pensiun.

Virgo dilantik secara langsung Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya di Pendopo Bupati Lebak setelah surat rekomendasi dari Gubernur Banten Wahidin Halim keluar.

“Rekomendasi dari Gubernur sudah keluar. Karena itu, Bupati melantik Pj Sekda Virgojanti di pendopo Pemkab Lebak,”kata Asda I Setda Lebak, Alkadri.

Sementara, Virgojanti merasa bersyukur dapat dipercaya sebagai penjabat Sekda Kabupaten Lebak. Ia mengaku akan menjalankan tugas sesuai dengan tanggungjawab dan tufoksinya.

“Alhamdulillah hari ini saya dilantik sebagai Penjabat Sekda Lebak, dalam rangka menjaga kesinambungan pelaksanaan tugas-tugas administrasi pemerintahan setelah masa tugas bapak Sekda Ir. H. Dede Jaelani MM memasuki masa pensiun per 1 maret 2021 lalu,”kata Virgo.

“Saya mohon doa dan dukungannya dari seluruh jajaran pemerintahan dan stakeholder terkait atas amanah baru ini. Semoga saya dapat melaksanakan tugas sesuai tanggungjawab dan Tugas pokok fungsi saya sebagai PJ Sekda,” tambah wanita yang sempat menjabat Plt Direktur RSUD dr. Adjidarmo ini.(BP1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here